News

Ratusan Ribu Jiwa Di Blora Alami Kekeringan Parah

Migala.net – Kekeringan yang masih terjadi saat ini mengakibatkan dampak negatif pada beberapa daerah semakin merambat luas. Kurang lebih ada sebanyak 161 desa yang ada di Kabupaten Blora sudah mengalami kekeringan yang semakin parah.

Dari ratusan desa yang mengalami kekeringan parah tersebut sudah tercatat ada 155.756 Kepala Keluarga (KK) dengan total warga 495.583 jiwa yang terdampak kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Sri Rahayu menyebutkan ratusan desa tersebut berasal 15 Kecamatan se Kabupaten Blora. Praktis, hanya ada satu Kecamatan di Blora yang terbebas dari kekeringan, yakni Kecamatan Kradenan.

Sebenarnya kekeringan sudah sering terjadi setiap tahunnya. Setiap musim kemarau datang, sudah tak aneh pasti akan terjadi kekeringan. “Kekeringan di Blora memang terjadi setiap tahun. Setiap datang musim kemarau pasti terjadi kekeringan. Tahun ini tinggal satu kecamatan saja, yang terbebas dari kekeringan,” ungkap Sri Rahayu.

Ia menyebutkan, pihak BPBD Blora telah secara intensif menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang terdampak kekeringan. Hingga pekan terakhir bulan September ini, droping air bersih telah dilakukan sekitar 70 persen.

“Kami dari BPBD berupaya semaksimal mungkin kepada masyarakat untuk memberikan bantuan air bersih,” tambahnya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Blora, Handoko menambahkan anggaran yang diterima BPBD Blora dalam penyaluran bantuan air bersih senilai Rp 77 juta. Saat ini telah terdistribusi sebanyak 70 persen.

“Masih ada beberapa pedukuhan dan kelurahan yang belum mendapatkan suplai air bersih. Sementara penyaluran baru 200-an tangki dari total anggaran sebanyak 323 tangki,” kata dia.

Oleh karena ada ratusan desa yang terdampak lanjut Handoko, bantuan atau droping air bersih dilakukan secara bertahap. Selain droping air bersih, BPBD juga rutin melaksanakan sosialisasi di setiap desa agar menghemat penggunaan air. Harapannya agar kekeringan tidak semakin meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *