News

Polisi Selidiki Saluran Limbah Yang Cemari Anak Sungai Citarum

Migala.net – Para petugas yang tergabung dari Satreskrim Polres Karawang langsung mendatangi lokasi untuk menyelidiki terkait dengan kasus pembuangan limbah ke anak sungai Citarum di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Pencemaran sungai terjadi diduga lantaran limbah yang dibuang oleh PT SPH yang berada di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel.

“Pabrik ini diduga mengalirkan limbah tekstil cair ke anak sungai Citarum. Temuan kami, pabrik ini lalai melakukan pengelolaan limbah mereka,” ujar Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya setelah olah TKP di dalam pabrik, Jumat (29/6/2018).

Pada saat dilakukan tindakan olah TKP di pabrik tersebut, polisi menyisir saluran pembuangan hingga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT SPH. Petugas memasang garis polisi di sepanjang saluran hingga kolam – kolam penampung limbah.

“IPAL perusahaan ini tidak berfungsi. Kadar kimia dari limbah yang keluar dari water treatment (IPAL) di atas ambang batas kewajaran,” ujar Kasatreskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng di tempat yang sama.

Jika diamati, sebelum limbah mengalir ke aliran sungai, limbah tekstil berwarna hitam juga terlihat melewati di saluran irigasi sawah. “Iya, sebelum ke sungai limbah juga melewati sawah,” kata Maradona.

Dinas Lingkungan Hidup Karawang sudah mengambil sampel limbah dari pabrik pembuat batik tersebut. Saat ini, polisi masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

“Kita masih menunggu hasil pemeriksaan DLHK,” ucap Maradona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *