News

Pemasok Sekaligus Pengedar Pil Carnophen Diamankan Polisi

Migala.net – Polisi kembali melakukan tindakan penggerebekan dengan tujuan mengamankan 121.950 butir pil carnophen. Tidak hanya mengamankan ribuan pil saja, pihak kepolisian juga mengamankan para pemasok dan juga pengedarnya juga.

“Untuk kasus peredaran ribuan butir pil daftar G ini kami mengamankan sejumlah tersangka yang berhasil kami ungkap berdasarkan laporan dari masyarakat,” ujar Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung di Polres Lamongan, Jalan Kombespol M Duryat, Rabu (17/1/2018).

Terungkapnya hal tersebut berawal dari informasi yang berasal dari masyarakat yang menyebutkan kalau ada peredaran pil carnophen di wilayah Kecamatan Tikung. Informasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Dari penyelidikan, polisi menangkap Orchida Icha Putra (27) warga Kecamatan Sedati, Sidoarjo di sebuah minimarket yang berada di jalan raya Tambakboyo, Tikung.

“Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti berupa 2 kardus yang berisi 1.950 butir pil carnophen yang kesemuanya diakui milik tersangka,” terang Feby.

Dari hasil pengembangan Orchida, polisi juga selanjutnya melakukan pengamanan terhadap satu tersangka lainnya yang dioketahui bernama Chrismanto (33) warga Kecamatan Waru, Sidoarjo. Saat digeledah, petugas menyita 1 kardus berisi 120 pack yang perpack-nya berisi 1000 butir, sehingga total ada 120 ribu butir pil carnophen yang disita.

“Saat ini, semua tersangka kami tahan untuk kepentingan penyidikan dan pengembangan jaringan peredaran obat keras ini untuk menemukan dugaan adanya tersangka lain,” katanya.

Penerapan pasal yang dilanggar, menurut Feby, dua tersangka ini akan dijerat dengan Pasal 196 dan Pasal 197 Junto Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *