News

Para Warga Jogja Ceritakan Detik-Detik Puting Beliung Terjadi

Migala.net – Angin dan juga hujan deras yang telah terjadi di wilayah Yogjakarta dan juga Bantul mengakibatkan banyak rumah warga mengalami kerusakan dari yang ringan hingga parah sekali. Kejadian tersebut berlangsung pada hari Selasa (24/4/2018).

Para warga yang rumahnya mengalami kerusakan juga sempat menceritakan bagaimana kronologi terjadinya angin kencang yang merusak rumah mereka itu.

“Saya pas di rumah, sama suami anak-anak, sekitar jam 2 siang, tiba-tiba terdengar suara keras di atas rumah,” kata Rianti (39) warga RT 50 RW 05 Balerejo, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogya, Rabu (25/4/2018).

Setelah itu asbes yang menjadi atap rumah mereka pecah dan terangkat terbang ke atas.

“Jadi sempat pecah dulu kecil-kecil asbesnya, lalu terbang muter di atas,” papar Rianti yang tampak masih ingat peristiwa tersebut.

Kemudian dia bersama 5 anggota keluarganya berlindung di pintu depan rumah. Mereka saling berpegangan erat dan memegang daun pintu.

“Mau lari tapi takut,” imbuhnya.

Dari hasil laporan pihak Pusdalops BPBD DIY, puting beliung terjadi selama 22 menit, mulai pukul 14.05-14.27 WIB.

Warga lainnya, Sugi (34) mengaku dia dan keluarganya keluar di teras rumah saat puting beliung terjadi.

“Waktu itu juga hujan, angin kencang atap rumah terbang semua. Di teras ada bagian yang atapnya di semen sedikit, kita berlindung di bawah itu,” terangnya.

Berdasarkan pengakuan warga setempat, sekitar 20 rumah dan satu PAUD terdampak peristiwa tersebut. Sebagian besar mengalami kerusakan di bagian atap.

“Anginya dari barat ke timur,” imbuh Sugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *