News

Nunggak Pajak Capai Milyaran, Pengusaha Jepara Terancam Masuk Bui

Migala.net – Sudah banyak kasus para pengusaha besar yang tidak membayar pajak yang menjadi kewajiban bagi setiap orang yang mempunyai usaha. Bahkan banyak juga yang menunggak dalam mentaati kewajiban mereka. Seperti dua pengusaha asal Jepara ini. Kedua pengusaha tersebut terancam masuk bui karena mereka sudah menunggak membayar pajak dari usaha mereka yang angkanya mencapai milyaran rupiah.

Proses penjemputan kepada kedua pengusaha akan segera dilakukan jika surat izin dari Kementrian Keuangan yang berkaitan dengan penahanan sudah turun. Kepala KPP Pratama Jepara Endaryono menyampaikan nilai tunggakan pajak kedua pengusaha tersebut masing-masing Rp 2 miliar dan Rp1 miliar.

Sayangnya, pihak KPP Pratama tidak sebut merek siapa saja kedua pengusaha yang sudah menunggak pajak hingga milyaran rupiah.

“Keduanya bukan dari kalangan pengusaha mebel, tapi pengusaha disektor lain,” kata Endaryono di kantor Jl Raya Ngabul Km 9, Jepara, Jumat (21/7/2017).

Terkait surat izin penahanan, ia memperkirakan akan turun pada Agustus mendatang. Setelah surat izin diterima, gijzeling atau penahanan langsung dilakukan terhadap dua wajib pajak tersebut.

“Kalau surat izin itu sudah ada, tidak menunggu apa-apa lagi, langsung eksekusi dan sudah tidak ada upaya lain dari wajib pajak selain membayar tunggakan pajaknya,” papar dia.

Wajib pajak yang memiliki tunggakan sebanyak Rp1 miliar kata Endaryono dinilai masih mampu melunasi utang pajaknya. Sementara, wajib pajak yang memiliki tunggakan pajak sebesar Rp 2 miliar dinilai kesulitan membayar tunggakan, lantaran usaha yang dijalankannya saat ini tengah meredup.

“Sebelumnya kami sudah menyarankan untuk mengikuti tax amnesty, tapi tidak ada respon,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPP Pratama Jepara mengantongi 112 nama wajib pajak yang memiliki nilai tunggakan pajak. Nilai tunggakan pajak 112 WP tersebut mencapai Rp 26 miliar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *