News

Lapas Garut Dirikan Ponpes Untuk Bina Warga Jadi Lebih Baik

Migala.net – Untuk menambah motivasi bagi para warga yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Garut membangun Pondok Pesantren terpadu. Ponpes tersebut didirikan di dalam area lapas sendiri.

Ponpes yang diberi nama Taubatul Mudznibin resmi dibuka pada hari Jumat kemarin (21/7) pada sore hari. Acara peresmian yang dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari Lapas, Kemenkumham, Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag. Mereka menandatangani sebuah nota kesepakatan dengan tujuan untuk membina warga lapas menjadi lebih baik lagi.

“Ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan bagi para warga binaan dengan menerapkan sistem pesantren. Dibantu dari berbagai pihak seperti Kemenag, Kemenkumham, MUI dan yang lainnya,” kata Ramdani di Lapas Garut, Jalan Kyai Hasan Arif, Banyuresmi, Garut, Jumat (21/7) petang.

Dengan adanya pondok pesantren terpadu ini, para warga binaan akan diberikan pendidikan tentang agama. Nantinya, para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) akan melakukan berbagai kegiatan keagamaan seperti membaca kitab suci Al-Qur’an setiap harinya.

“Salat berjamaah, belajar Qiro’at, Tafsir, dan mendengarkan tausiyah dari ustad-ustad yang didatangkan oleh MUI karena kita sudah kerja sama dengan mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat, Susy Susilawati mengatakan, Lapas Kelas II B Garut ini merupakan Lapas ke-2 yang memiliki Pondok Pesantren Terpadu di dalamnya.

“Ini Ponpes terpadu ke-2 yang ada di Jabar. Sebelumnya sudah kita buka juga Ponpes Terpadu di Lapas Cianjur,” kata Susy kepada wartawan di tempat yang sama.

Susy berharap, dengan adanya Ponpes Terpadu di Lapas Kelas II B Garut ini, para warga binaan bisa lebih baik dan kembali ke lingkungan masyarakat dengan keadaan siap selepas menjalani masa pembinaan di Lapas ini.

“Saya berharap warga binaan bisa lebih baik lagi dalam kehidupannya. Menjadi orang yang disegani oleh masyarakat karena kebaikan,” pungkas Susy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *