News

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sebulan Full Mulai Hari Ini

Migala.net – Untuk semua jalur pendakian yang biasa digunakan untuk melakukan pendakian ke gunung Merbabu ditutup mulai hari ini. Penutupan jalur pendakian tersebut juga dilakukan di jalur pendakian via Jalur Cuntel dan Thekelan, Getasan, Kabupaten Semarang.

Ditutupnya jalur pendakian gunung Merbabu tersebut berlaku mulai hari ini sampai tanggal 28 Februari 2018, mendatang. Dengan ditutupnya jalur pendakian tersebut sesuai dengan surat edaran dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

“Penutupan jalur ini untuk pemulihan vegetasi, juga untuk perbaikan jalur karena sudah terlalu dalam yang membahayakan bagi pendaki,” kataKoordinator SAR Getasan Kabupaten Semarang, Agus Surolawe, Kamis (1/2/2018).

Untuk jalur pendakian menuju Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Semarang ada dua yakni jalur Cuntel, Kopeng dan melalui jalur Thekelan, Dusun Thekelan, Batur, Getasan. Setelah menerima surat dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, penutupan ini terus disosialisasikan.

“Kami sudah sosialisasikan sejak bulan Januari. Selebaran telah kami beritahuan di masing-masing basecamp,” kata dia.

Dengan adanya penutupan jalur hingga akhir Februari, tegasnya, jika ditemukan pendaki yang nekat bakal dipaksa untuk kembali.

“Kecuali untuk patroli pengamanan kawasan gunung. Selain itu, untuk perbaikan jalur nantinya melibatkan relawan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *