News

Gedung Pengolahan Batik Di Pekalongan Terbakar

Migala.net – Sebuah gedung yang dijadikan sebagai tempat pengolahan batik yang berada di Kota Pekalongan terbakar pada Sabtu (13/01/2018) pagi. Penyebab terbakarnya gedung tersebut yakni berawal dari lelehan gandarukem (lilin malam) yang tumpah saat sedang direbus.

Insiden terbakarnya gedung tempat pengolahan batik tersebut terletak di Tirto Gang Meduri, Pekalongan Barat, ini terjadi sejak pukul 05.30. Sebelumnya, Muslimin seperti biasanya melakukan aktivitasnya yakni merebus malam atau gandarukem, salah satu untuk pembuatan batik.

Lokasi gedung tempat pengolahan batik tersebut bersebelahan dengan rumah pemiliknya yang bernama Muslimin. Sembari menunggu gondorukem mencair, Muslimin menuju ke rumahnya untuk melakukan aktivitas lain.

“Ditinggal ke dalam rumah, beberapa menit hanya sebentar. Ternyata setelah ditinggal rebusan gandarukem atau malam mendidih itu tumpah ke api,” jelas Kapolsek Pekalongan Barat, Kompol Khanafi, di lokasi kejadian.

Tumpahan cairan gandarukem yang mengenai tungku api ini membuat api semakin menyala membesar dan dan merambat ke bangunan dan seluruh isinya yang memang merupakan bahan mudah terbakar tersebut.

Usaha yang dilakukan untuk bisa memadamkan api terus dilakukan oleh para petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekalongan dibantu SAR Pekalongan, kepolisian dan warga. Butuh waktu 2 jam untuk menjinakan api.

“Tidak ada korban jiwa. Adapun kerugian materiiil diperkirakan sekitar Rp 150 juta,” tambah Khanafi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *