News

Dampak Kekeringan Sangat Dirasakan Oleh Tiga Desa Di Rembang

Migala.net – Musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan panjang dirasakan oleh para warga Rembang. Diantaranya ada sebanyak tiga desa yang saat ini mengalami kekeringan parah dan membutuhkan pasokan air bersih.

Sebanyak kurang lebih dari lima ribu jiwa menghuni tiga desa yang ada di Rembang. 10 desa dari 8 kecamatan di Rembang mengajukan bantuan droping air bersih akibat kekeringan. Yaitu Desa Lemah Putih, Sambong dan Dadapan (Kecamatan Sedan), Desa Sendang Asri (Lasem), Desa Bitingan (Sale), Desa Pranti (Sulang), Desa Kedung (Pancur), Desa Sumbergayam (Kragan), Desa Manggar (Sluke), Desa Jukung (Bulu).

“Setidaknya ada 70an desa yang menjadi pemantauan kami. Karena belajar dari tahun-tahun sebelumnya, desa-desa ini menjadi langganan kekeringan,” Kepala Seksi Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Ahmad Makruf, Sabtu (23/9/2017).

Sudah ada sebanyak sepuluh desa yang mengajukan permohonan bantuan air bersih, 3 diantaranya merupakan desa yang memiliki tingkat kekeringan sangat parah. “Dari 10 yang sudah mengajukan bantuan air bersih, ada 3 desa yang kemungkinan akan terjadi kekeringan parah,” ujar

Tiga Desa tersebut adalah Desa Jukung dengan jumlah penduduk 1.862 jiwa, Desa Sendang Asri dengan 1.654 jiwa penduduk dan Desa Sumbergayam dengan penduduk 1.623 jiwa.

Makruf mengatakan sejauh ini pihaknya telah menanggapi pengajuan permohonan droping air bersih dari 10 desa tersebut. Penyalurannya dilakukan secara bertahap tiap sepekan sekali secara merata di 10 desa pemohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *