News

Bunuh Istri Kades Untuk Bangun Pom Mini

Migala.net – Kasus pembunuhan seorang istri Kades Sidojangkung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, beberapa waktu lalu masih tersu diusut tuntas oleh pihak kepolisian.

Pembunuhan yang menyeret nama salah satu oknum anggota marinir ini hingga kini masih dalam proses. Polisi Militer Angkatan Laut Pomal Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Surabaya yang bernama Tri Setyo (TS) itu bertugas di Karangpilang sebagai Koptu.

Koptu Tri Setyo ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Luluk Diana, istri Kades Sidojangkung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, beberapa waktu lalu.

Saat ini tersangka sedang menjalani proses penahanan sekaligus pemeriksaan di lingkungan Pomal, Perak, Surabaya. “Kami masih perdalam dengan mendatangkan saksi. Termasuk saksi keluarga, istri tersangka,” kata Dan Pomal, Letkol Khoirul Fuad, Senin (14/8/2017).

Berdasarkan dengan jumlah bukti yang sudah dikumpulkan serta diperkuat dari keterangan para saksi diduga motif pembunuhan ini adalah karena tersangka ingin menguasai uang Rp 150 juta yang baru diambil korban dari bank.

“Kami akan terus kebut dan tuntaskan penyidikan untuk kami serahkan ke oditur. Sejauh ini menguat bahwa tersangka ingin memiliki harta korban,” tandas Fuad.

Belum ditemukan indikasi bahwa keduanya memiliki hubungan asmara atau hubungan spesial. Fuad menuturkan bahwa tersangka ingin mendirikan usaha pom bensin mini setelah mendapatkan uang.

Saat ini sudah 12 saksi yang diperiksa di Pomal. Pasca penangkapan TS di Ngantang, semua penyelidikan beralih sepenuhnya di Pomal TNI AL itu.

Kasubdis Pemeriksaan Pomal Lantamal V Surabaya, Kapten Edi Utomo, menambahkan bahwa kasus pembubuhan itu relatif tidak ada motif lain selain ingin menguasai uang. Namun penyidik masih perlu mendalami lebih jauh.

Tersangka harus mempertanggungjawabkan di depan hukum dengan sangkaan pasal 338 (pembunuhan), 340 (pembunuhan berencana) dan 365 (pencurian dengan kekerasan).

“Ini ancamannya 20 tahun,” kata Eko. Saat ini, tim Pomal terus berkoordinasi dengan Polda Jatim. Proyektil yang bersarang di kepala istri kades itu akan dikirim ke Labfor Mabes Polri.

Begitu juga memastikan sidik jari tersangka apakah identik dengan yang ada di gagang senpi. Sementara itu, tim penyidik Pomal siang tadi juga menunjukkan barang bukti. Sebuah mobil Yaris putih L 1193 AQ milik korban saat ini dimankan Pomal.

Begitu juga mobil Jazz abu-abu W 1797 YC yang baru saja dibeli Tersangka juga diamankan. Mobil ini dibeli dengan uang hasil membunuh istri kades.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *