News

Benarkah Kapolri Jendral Tito Karnavian Akan Pensiun Dini ?

 

Migala.net – Kepolisian Republik Indonesia dan Komisi III DPR kembali menyelenggarakan rapat dengar pendapat. Pada acara rapat itu, Adies Kadir anggota Komisi III DPR mempertanyakan mengenai berita keinginan Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk pensiun lebih dini.

Jendral Tito menyatakan, berita tersebut awal mulanya pada saat dia diwawancarai oleh dua pemimpin redaksi media nasional ketika menyambut Hari Bhayangkara kemarin. Pada saat itu ada sebuah pertanyaan yang menanyakan apakah dia akan tetap bersikukuh hingga dia purnabakti pada 2020 mendatang.

“Saya jawab secara jujur, hati kecil saya enggak pengin sampai 2022 karena itu tidak sehat untuk organisasi. (Polri) butuh penyegaran, butuh pemimpin-pemimpin baru, karena jika terlalu lama, kreativitas saya juga menurun,” jelas Jendral Tito menjawab pertanyaan Adies Kadir di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia menyatakan jabatannya sebagai kapolri merupakan pekerjaan yang berat dan sangat menguras tenaga, dan dia merasa hal tersebut tidak baik untuk kesehatannya dan Jendral Tito pun menginginkan untuk pensiun lebih dini.

“Kita sangat open demokrasi, sehingga banyak problema keamanan, tidak sehat untuk kesehatan saya. Saya ingin pensiun sebelum waktunya atau istilah sininya pensiun dini,” ujar Jendral Tito.

Kemudian dia juga menekankan dia tidak akan turun ke dunia politikus nanti ketika dia sudah purnabakti sebagai Ketua Kepolisian Republik Indonesia.

“Apa mungkin mau ke politik? Apalagi ke politik, polisi saja banyak musuhnya, apalagi politisi,” dia menegaskan.

“Tidak, saya tidak tertarik (terjun ke politik). Itu jawaban saya sekarang hingga nanti insyaallah tetap. Saya ingin lebih dekat dengan keluarga,” dia menambahkan.

Ketua Kepolisian Republik Indonesia ini begitu menjunjung tinggi pendidikan. Sehingga dia merencanakan untuk masuk dalam dunia pendidikan setelah pensiun dari kepolisian.

“Saya menghargai pendidikan. Pendidikan menjadi sektor paling favorit di Singapura. Dalam kultur Indonesia, pensiun sebelum umurnya itu aneh, tapi di luar barat sana, pensiun dini itu biasa,” kata Jendral Tito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *