News

Belasan Korban Jamu Uyub-Uyub Di Magelang Tidak Dipungut Biaya Sepeser Pun

Migala.net – Hingga sat ini sebelas orang yang dilaporkan telah menjadi korban keracunan jamu uyub-uyub masih dalam proses menjalani perawatan secara intensif di RSUD Muntulan.

Insiden kejadian tersebut terjadi di Kabupaten Magelang. Seperti yang telah diketahui, sebelas korban tersebut keracunan lantaran membeli jamu kepada seorang penjual keliling yang sudah belasan tahun menjual jamunya.

Kondisi seluruh korban telah dipastikan saat ini stabil. “Semua (11 orang) pasien masih dalam perawatan. Kondisinya stabil,” jelas Direktur Utama RSUD Muntilan, Sukri, Rabu (28/3/2018).

Pihaknya telah menyebutkan, penanganan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit terhadap para pasien masih berupa penanganan lanjutan di bangsal serta observasi. Adapun gejala/keluhan yang masih dirasakan oleh para pasien rata-rata lemas dan pusing.

“Kalau yang muntah sudah tidak ada. Kita masih nunggu pemeriksaan dokter, kalau ada yang sudah stabil dan bisa dipulangkan, maka akan dipulangkan hari ini,” ungkap Sukri.

Para pasien yang telah dirawat tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Mengingat, pemerintah daerah (pemda) setempat akan memfasilitasi.

“Kalau yang sudah punya jaminan, BPJS maupun JKN, nanti menggunakan itu. Sedangkan yang lain difasilitasi Pemda,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *