News

Bali Diguncang Gempa Berkekuatan 5 SR

Migala.net – Bali kembali diguncang oleh gempa yang memiliki kekuatan 5 SR. Dilihat dari keterangan yang berasal dari BMKG, gempa tersebut terjadi pada hari Kamis (9/11/2017) pagi hari sekitar pukul 04.54 WIB.

Sejumlah daerah yang merasakan kekuatan gempa 5 SR tersebut mulai dari desa Karangasem hingga Kuta. Diketahui posisi gempa berasal dari 11 km Timurlaut Karangasem pada kedalaman 10 km.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan hasil laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Denpasar, Karangasem, dan Mataram II SIG-BMKG (III MMI), dan Kuta III-SIG-BMKG (II-III MMI),” ujar Riyadi

Titik gempa berada di 8.26 LS dan 115.57 BT. Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, M Riyadi, lokasi tepat gempa berada di darat pada jarak 5 km arah selatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa yang telah terjadi salah satu gempa dengan jenis dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal. Hal tersebut sesuai dengan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh BMKG yang terlihat menunjukkan terkait gempa yang terjadi di lokasi tersebut telah dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Karangasem diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” terang Riyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *